Rabu, 21 Oktober 2009

catatan

PERANCANGAN SISTEM ROBOT

Penting bagi kita untuk mulai dari yang kecil terlebih dahulu.Tetapi bila ini adalah robot pertama kita, disarankan untuk mulai dari platform yang kecil yang mempunyai banyak ruang untuk rangkaia elektronikanya untuk mengetahui teknologi – teknologi berbeda yang akan dibutuhkan.

Ketika mendefinisikan robot, bersiaplah dengan kemungkinan terburuk. Artinya kita harus menyadari bahwa bagian - bagian yang berbeda mungkin akan tidak bekerja. Jangan terlalu berharap kita akan berhasil dengan cara pertama yang kita rancang. Selalu ada lebih dari satu cara untuk melakukan sesuatu. Metoda apa yang terbaik bagi aplikasi yang kita buat?

Sangat menguntungkan jika kita menemukan cara yang lebih baik yang kemudian mencatatnya dalam notebook daripada menyusun ulang aplikasinya. Disusun ulang aplikasinya hanya jika perubahannya akan menyebabkan kemajuan besar dari apa yang sudah ada. Aturan dasarnya adalah “bila tidak rusak maka jangan diperbaiki”

Hal paling penting yang harus kita lakukan sebelum mulai merancang dan membuat robot adalah membuat sekumpulan kebutuhan/persyaratan (requirement) robot. Syarat – syarat tersebut akan membantu kita untuk menentukan langkah-langkah yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan akhir dan pegangan kita apakah visi robot yang dibuat sudah tercapai atau belum. Harus teliti dan ketat dalam menyusun syarat – syarat robot tersebut, hal tersebut dapat memantau apa yang kita kerjakan dan tidak membuat kita kewalahan dengan pekerjaan di depan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar